Rabu, 05 Maret 2014

Contoh Resensi



CARA MUDAH MEMELIHARA LOUHAN




Judul buku : Budidaya Louhan.
Penulis : Iskandar ( Teng Ching Sing ) & Maloedyn Sitanggang.
Penerbit : PT AgroMedia Pustaka.
Kota terbit : Depok.
Tahun Terbit : 2002.
Tebal Buku : 76 halaman.
Nomor ISBN : 979 – 3084 – 30 – 8.

Tujuan penulis membuat buku ini adalah karena melihat antusiasme masyarakat yang ingin membudidayakan Louhan. Louhan memiliki julukan, yaitu tong bang ce luk yang artinya mutiara dari timur. Di daerah timur ( Malaysia ) bentuk tubuh Louhan seperti memiliki taburan mutiara berupa totol berwarna metalik, memiliki kecerahan warna merah / atau kuning di tubuh, corak hitam yang berbaris dari pangkal ekor hingga ujung sirip insang, serta harmonisasi bentuk dan nongnong ( benjolan ) di bagian atas kepala Louhan. Louhan sebenernya hidup di perairam Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Kurang lebih Louhan memiliki 60 – 80 spesies yang berada di pasaran. 


Berdasarkan bentuk tubuh, corak, warna, dan grade, ada  5 kriteria Louhan yang digemari di pasaran, di antaranya ada Louhan bertubuh segi empat, Louhan bertubuh bulat, Louhan yang mempunyai banyak bintik mutiara, Louhan berwarna kuning / golden / super red, dan Louhan berkepala nongnong. Louhan merupakan ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan hidupnya, Louhan juga tidak dapat disatukan dengan sesamanya dalam sebuah akuarium karena ia mempunyai sifat perkasa dan ingin menguasai wilayah. Saat suhu tropis, ikan ini bisa matang telur pada usia 8 bulan. Induk yang baik akan menghasilkan sekitar 1.000 – 1.500 butir telur sekali bertelur. Louhan suka menempatkan telur – telurnya di dasar akuarium. 
 
Ada beberapa alasan masyarakat ingin membudidayakan Louhan, antara lain : keindahan Louhan yang terletak pada corak dan variasi warnanya , karena bisnis Louhan yang mendatangkan keuntungan, dan karena hobi masyarakat. Ada berbagai macam pakan untuk Louhan, yaitu Artemia, Kutu air, Cacing rambut, Jentik nyamuk, Cacing darah, Cacing tanah, dan Udang. 

Adapun peralatan yang digunakan untuk membudidayakan Louhan, antara lain Bak penampungan air, Filter, Aerator, Alat Penyifon air, Ornamen dan bebatuan, dan Lampu Fluorescence / ultra violet. Dalam pembudidayakan Louhan, ada beberapa tahap supaya Louhan itu berkembang dengan baik, di antaranya Pemilihan calon induk, Kolam / akuarium perawatan induk dan pemberian pakan, Memilih indukan, Proses pemijahan , Perawatan telur, Burayak dan perawatannya. Menurut saya, kelebihan dari buku ini adalah sudah cukup bagus, karena isinya lumayan lengkap dan di lengkapi gambar, sedangkan kekurangan dari buku ini adalah sebenarnya sudah bagus bagus bahasanya, tetapi ada kata – kata yang sulit di mengerti oleh pembaca.

sumber : Nabella Maulia Putri

1 komentar:

  1. Is Titanium A Metal Edge or a Heavy Duty? - The Titanium Art
    Titanium is metal but still titanium mens ring heavy-duty, babyliss pro nano titanium curling iron it 출장안마 weighs an amazing 10 lbs and is lighter black titanium rings than most metal-making knives, and can be used for titanium belly ring a wide range

    BalasHapus